Selasa, 30 Maret 2010

Wait , See and Action SMA

Pentas akbar Ujian Nasioanl (UN) SMA telah selesai diselenggarakan. Ujian tersebut merupakan puncak sekaligus klimaks dari ujian negara bagi siswa SMA, betapa tidak setelah ujian kali ini mereka tidak lagi disibukkan dengan ujian negara lainnya, yang membutuhkan energi yang luar biasa. Tidak lain juga bagi para guru SMA, mereka juga bisa mengambil nafas lega terkait berakhirnya ujian siswa-siswi meraka.

Kini, para siswa sedang menunggu hasil dari jerih payah duka cita mereka yang akan terobati dengan adanya pengumuman kelulusan. Entah lulus atau tidak, yang jelas momentum kali ini merupakan proses menunggu dari para siswa. Menunggu bagaimana hasil sekaligus planning yang akan mereka kerjakan manakala hasil sudah keluar.
Disamping itu, banyak para siswa yang telah 'melirik' kesana-kesini guna menentukan, melihat dan menelaah kemanakah mereka akan singgah setelah lulus dari SMA. Hal ini mereka siapkan mengingat, jarak atau space antara pengumuman kelulusan terutama ijazah sangatlah dekat dengan jadwal dan alur masuk perguruan tinggi. untuk itu mereka harus jeli dalam melihat peluang dan kesempatan serta kemampuan yang ada.

Juga, tidak salah bagi para siswa yang mulai sekarang telah mendaftar kemana-mana termasuk perguruan tinggi. Pasalnya, beberapa program 'seperti beasiswa bidik' dan lain sebagainya, telah membuka kesempatan bagi para calon anak bangsa dari SMA untuk melanjutkan ke jenjang lebih tinggi melalui program beasiswa.
'Kesempatan merupakan kejelian dan ketekunan seseorang manakala melihat dan mempelajari kemungkinan-kemungkinan yang ada' (wahyono, 2010).

0 komentar: